Selasa, 18 Maret 2014

Punya Teman Kerja Pemalas? Ini Cara Menghadapinya


Sikap malas memang akan merugikan banyak pihak. Tapi hampir di semua perusahaan, Anda akan menemukan rekan kerja yang pemalas. Jika ini terjadi pada teman kerja Anda, sebagai kolega yang baik Anda bisa menghadapinya dengan enam cara di bawah ini, seperti dikutip dari 29Secrets.

1. Menegur
Bukannya untuk bersikap sok menasihati. Tapi sebagai rekan kerja yang baik, Anda juga wajib menegur kolega yang pemalas demi kebaikannya sendiri dan perusahaan agar tidak memperburuk produktivitas. Bicarakanlah baik-baik supaya ia tidak merasa tersinggung.

2. Jangan Bantu Pekerjaannya
Jika kolega Anda malas mengerjakan pekerjaannya, sebaiknya Anda jangan membantu menyelesaikan tugasnya. Membantunya boleh asalkan jangan terlalu sering. Sebab, hal tersebut hanya akan membuat dia makin malas.

3. Jangan Sering Mengobrol
Rekan kerja pemalas akan merasa senang bila diajak ngobrol atau bergosip. Sebab ia jadi ada aktivitas lainnya ketimbang harus menyelesaikan pekerjaannya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tak perlu sering-sering mengajaknya ngobrol. Jika Anda lebih cuek, dia tidak akan punya teman ngobrol dan tidak ada aktivitas lain selain mengerjakan pekerjaannya.

4. Jangan Ikut-ikut Jadi Malas
Sebagai rekan kerja yang baik, jangan sampai Anda ikut-ikutan jadi pemalas. Anda harus bisa memberinya contoh sebagai karyawan yang rajin dan disiplin. Dengan begitu, ia juga akan termotivasi untuk meniru apa yang Anda lakukan.

5. Beri Dia Motivasi
Tidak menutup kemungkinan rekan kerja Anda bersikap malas karena tak ada dorongan motivasi dari bos di kantor. Sebagai teman yang baik, Anda bisa memberinya motivasi, serta dukungan agar kolega Anda tidak menjadi pemalas lagi. Dengan mengatakan bahwa malas hanya akan merugikan dirinya sendiri, itu sudah bisa membantu.

6. Lapor Pada Atasan
Apabila sikap malas kolega Anda sudah tidak bisa ditolerir lagi, Anda berhak melaporkan pada atasan di kantor. Asalkan, Anda bisa menyertakan bukti bahwa rekan kerja Anda pemalas, agar tidak dicap mengada-ada oleh si bos.

Sumber: 29Secrets
Ini artikel bener banget... harusnya dengan cara seperti ini kita menghadapi temen yang malas.. tapi pada prakteknya sering kali kita jadi ikutan males ngerjain sesuatu biar doi sadar hehehehe...
Tapi yang namanya kerja team mang harus semua anggota berperan kerja sama... ayo semangat2 gak boleh ikutan males dan harus kasih contoh yang baik :)
_iRa_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar